Senin, 17 Desember 2012

MEMBUAT BAHAN AJAR MULTIMEDIA DENGAN MICROSOFT POWER POINT


MEMBUAT BAHAN AJAR MULTIMEDIA DENGAN MICROSOFT POWER POINT


A.   Program Power Point
Program Power Point adalah salah satu software yang dirancang khusus mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data (data storage).

B.            Cara Penggunaan Power Point

      Personal Presentation
Pada umumnya Power Point digunakan untuk bahan ajar dalam kelas untuk belajar secara klasikal sebagai alat bantu guru/ instruktur untuk menyampaikan bahan ajar.
      Stand-  alone media
Power Point dapat dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif.
      Web based program
Power Point dapat diformat menjadi file web (html) sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan internet.

C.                Prosedur Pembuatan Bahan Ajar Power Point
1.      Identifikasi program, untuk melihat kesesuaian anatara program yang dibuat dengan materi, usia dan jenjang pendidikan.
2.      Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video, gambar, animasi dan suara.
3.      Setelah bahan terkumpul dan materi dirangkum, selanjutnya dilakukan proses pengerjaan di power point hingga selesai.
4.      Review program, revisi dan siap digunakan

D.                Memulai Power Point 2007
      Klik start pada dekstop 
      Pilih all program
      Cari Microsoft Office
      Klik pada Microsoft 2007
      Tunggu hingga jendela program terbuka dengan penuh

E.                  Fungsi Elemen Dasar Power Point
      Save: Berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat.
      Undo: Berfungsi untuk mengembalikan satu perintah sebelumnya, ini digunakan jika kita melakukan kesalahan dan ingin dikembalikan pada kondisi semula.
      Redo: tool ini merupakan kebalikan dari Undo, artinya jika sudah melakukan Undo dan pekerjaan ingin dikembalikan pada semula, maka klik Redo.

F.                 Office Button
      New: digunakan untuk membuka jendela baru jiks telah membuat program dan akan membuat file baru.
      Open: digunakan untuk membuka program yang sudah ada.
      Save: digunakan untuk menyimpan file yang telah dibuat.
      Save as: digunakan jika akan menyimpan sekaligus serta memberikan file baru.
      Print: digunakan untuk mencetak dokumen.
      Prepare: digunakan untuk pengaturan setting dokumen secara umum.
      Send:  digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui email dan fax internet.
      Publish: digunakan untuk mengubah file dokumen menjadi file berbasis web (html).
      Close: untuk keluar dari program.




G.                8 Menu Program Power Point
      Home: perintah dasar dan kumpulan perintah- perintah yang ada dalam Power Point.
  Insert: untuk memunculkan berbagai objek- objek pendukung program yang membuat bahan presentasi kita lebih baik.
    Design: untuk pengaturan tampilan diantaranya mengatur latar dan memberikan warna pada latar presentasi.
      Slide Show: digunakan untuk menampilkan hasil presentasi dalam ukuran penuh.
      Review: digunakan untuk memberikan catatan/ komentar dari tampilan Power Point.
      View: digunakan untuk membuat tampilan Slide Master.
      Format
      Add- Ins

H.                Membuka Slide Baru
v  Blank and Recent: digunakan untuk membuka layar baru dengan latar putih polos.
v  Installed Template: membuat tampilan baru dengan background yang sudah disediakan berdasarkan tema yang disediakan program.
v  Installed Theme: pilihan untuk membuat presentasi dengan background yang sudah tersedia.
v  My Template: untuk membuat presentasi baru dengan menggunkan template yang sudah dibuat sebelumnya.
v  New Exiting: digunakan untuk membuka program baru dengan memunculkan file yang sudah dibuat sebelumnya.
v  Microsoft Office Online: untuk membuat desain baru namun bahan- bahannya tersedia xecara online.

I.                   Cara Memulai Membuat Tulisan
Caranya sangat mudah yaitu lihatlah pada bidang kerja terdapat “Click to add title” selanjutnya tinggal klik pada kotak tersebut dan mulailah mengetik.


J.                  Cara  Menambah Slide Baru
Klik kanan pada slide yang berada di sebelah kiri anda lalu tekan new slide.

K.                Cara Mengubah Warna Background
      Klik design
      Klik pada kotak kecil dengan variasi warna yang beragam
      Pilih salah satu saja
      Latar presentasi akan berubah

L.                 Cara  Menambahkan Foto/ Gambar, Animasi, Suara, Grafik dan Tabel
      Klik insert : pilih icon yang ingin anda masukkan obyeknya apakah gambar animasi dan lain- lainnya
      Gunakan icon yang sudah tersedia di bidang kerja
      Memasukkan foto: klik image atau album foto

M.               Cara  Memunculkan Gambar Yang Tersedia
1.      Tekan insert
2.      Klik clip art
3.      Muncul jendela clip art disebelah kanan anda
4.       Klik organize clip (di bawah)
5.      Akan muncul tampilan microsoft klip organizer, lalu cari gambar yang dikehendaki berdasarkan kategori

N.                 Cara Membuat Grafik
      Klik insert- klik grafik
      Apabila sudah ada chart klik ok
      Maka akan muncul data angka yang dapat di edit
      Pada power point 2007 terapat smart art digunakan untuk tampilan bagan yang memudahkan visualisasi sehingga materi lebih ringkas dan menarik.

O.                Cara Memasukkan Video dan Suara
      Terdapat dua cara yaitu:
      Diambil dari file yang dimiliki
      Mengambil dari clip art setelah masuk ke bidang kerja silahkan atur letaknya, posisi dan ukurannya lalu pada saat menjalankan atau menampilkannya dengan menekan shift F5


P.                 Cara Menjalankan Slide (Show)
      Tekan slide show
      Catatan: apabila slide dalam posisi show/ full screen, maka untuk meneruskan pada slide berikutnya tekan enter, spece bar atau panah atau juga menekan huruf N untuk next atau ke slide berikutnya dan untuk mundur ke slide berikutnya tekan huruf P untuk preview

Q.                Cara  Mengatur Animasi
      Klik pada objek yang akan dianimasikan
      Lalu pilih animation
      Klik costum animation
      Akan tampil jendela pengaturan animasi di sebelah kanan
       Aturlah animasi dengan add effect

R.                Keterangan Add Effect
      Entrance: digunakan untuk awal animasi atau objek muncul diawali dengan gerakan atau animasi tertentu
      Emphasis: untuk memberikan penekanan pada sebuah objek yang sudah diterangkan
      Exit: digunakan untuk pengaturan animasi bagi objek yang akan keluar dari tampilan
   Motion phats: mengatur animasi untuk gerakan animasi standar seperti vertikal, lurus horizontal, longitudinal, dsb



S.                  Cara  Mengatur Hyperlink
      Klik pada objek yang akan dihubungkan dengan objek atau slide
      Klik kanan hyperlink
      Aturlah alamat linknya dengan melalui pengaturan jendela link
      Pilih dimana letak slide

T.                 Tips Desain Yang Efektif dengan Power Point
1.      Tampilkan unsur gambar, video, animasi dan suara secara proporsional
2.      Buatlah background dan template sendiri
3.   Jika menggunakan latar dengan warna terang maka gunakan teks dengan intensitas gelap serta sebaliknya.
4.      Gunakan warna untuk memperindah tampilan sekaligus fokus pada penyajian.
5.      Gunakan huruf- huruf yang memiliki karakter jelas dan tegas.
6.      Gunakan kalimat yang singkat padat dan bersifat garis besar.
7.      Pesan akan lebih komunikatif apabila banyak menyajikan gambar, grafik dan bagan dengan alur yang jelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar