MEMBUAT
BAHAN AJAR MULTIMEDIA DENGAN MICROSOFT POWER POINT
A. Program Power Point
Program Power Point adalah salah satu software yang
dirancang khusus mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah
dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain
alat untuk penyimpanan data (data storage).
B.
Cara
Penggunaan Power Point
• Personal
Presentation
Pada umumnya Power Point digunakan untuk
bahan ajar dalam kelas untuk belajar secara klasikal sebagai alat bantu guru/ instruktur
untuk menyampaikan bahan ajar.
• Stand-
alone media
Power Point dapat dirancang khusus untuk
pembelajaran individual yang bersifat interaktif.
• Web
based program
Power Point dapat diformat menjadi file
web (html) sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan
internet.
C.
Prosedur
Pembuatan Bahan Ajar Power Point
1. Identifikasi
program, untuk melihat kesesuaian anatara program yang dibuat dengan materi,
usia dan jenjang pendidikan.
2. Mengumpulkan
bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video,
gambar, animasi dan suara.
3. Setelah
bahan terkumpul dan materi dirangkum, selanjutnya dilakukan proses pengerjaan
di power point hingga selesai.
4. Review
program, revisi dan siap digunakan
D.
Memulai
Power Point 2007
• Klik
start pada dekstop
• Pilih
all program
• Cari
Microsoft Office
• Klik
pada Microsoft 2007
• Tunggu
hingga jendela program terbuka dengan penuh
E.
Fungsi Elemen Dasar Power Point
• Save:
Berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat.
• Undo:
Berfungsi untuk mengembalikan satu perintah sebelumnya, ini digunakan jika kita
melakukan kesalahan dan ingin dikembalikan pada kondisi semula.
• Redo:
tool ini merupakan kebalikan dari Undo, artinya jika sudah melakukan Undo dan
pekerjaan ingin dikembalikan pada semula, maka klik Redo.
F.
Office
Button
• New:
digunakan untuk membuka jendela baru jiks telah membuat program dan akan
membuat file baru.
• Open:
digunakan untuk membuka program yang sudah ada.
• Save:
digunakan untuk menyimpan file yang telah dibuat.
• Save as:
digunakan jika akan menyimpan sekaligus serta memberikan file baru.
• Print:
digunakan untuk mencetak dokumen.
• Prepare:
digunakan untuk pengaturan setting dokumen secara umum.
• Send: digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui
email dan fax internet.
• Publish:
digunakan untuk mengubah file dokumen menjadi file berbasis web (html).
• Close:
untuk keluar dari program.
G.
8
Menu Program Power Point
• Home:
perintah dasar dan kumpulan perintah- perintah yang ada dalam Power Point.
• Insert:
untuk memunculkan berbagai objek- objek pendukung program yang membuat bahan
presentasi kita lebih baik.
• Design:
untuk pengaturan tampilan diantaranya mengatur latar dan memberikan warna pada
latar presentasi.
• Slide Show:
digunakan untuk menampilkan hasil presentasi dalam ukuran penuh.
• Review:
digunakan untuk memberikan catatan/ komentar dari tampilan Power Point.
• View:
digunakan untuk membuat tampilan Slide Master.
• Format
• Add- Ins
H.
Membuka
Slide Baru
v Blank and Recent:
digunakan untuk membuka layar baru dengan latar putih polos.
v Installed Template:
membuat tampilan baru dengan background yang sudah disediakan berdasarkan tema
yang disediakan program.
v Installed Theme:
pilihan untuk membuat presentasi dengan background yang sudah tersedia.
v My Template:
untuk membuat presentasi baru dengan menggunkan template yang sudah dibuat
sebelumnya.
v New Exiting:
digunakan untuk membuka program baru dengan memunculkan file yang sudah dibuat
sebelumnya.
v Microsoft Office Online:
untuk membuat desain baru namun bahan- bahannya tersedia xecara online.
I.
Cara
Memulai Membuat Tulisan
Caranya sangat mudah yaitu lihatlah pada bidang
kerja terdapat “Click to add title” selanjutnya tinggal klik pada kotak
tersebut dan mulailah mengetik.
J.
Cara
Menambah Slide Baru
Klik
kanan pada slide yang berada di sebelah kiri anda lalu tekan new slide.
K.
Cara
Mengubah Warna Background
• Klik
design
• Klik
pada kotak kecil dengan variasi warna yang beragam
• Pilih
salah satu saja
• Latar
presentasi akan berubah
L.
Cara Menambahkan Foto/ Gambar, Animasi, Suara,
Grafik dan Tabel
• Klik
insert : pilih icon yang ingin anda masukkan obyeknya apakah gambar animasi dan
lain- lainnya
• Gunakan
icon yang sudah tersedia di bidang kerja
• Memasukkan
foto: klik image atau album foto
M.
Cara Memunculkan Gambar Yang Tersedia
1. Tekan
insert
2. Klik
clip art
3. Muncul
jendela clip art disebelah kanan anda
4. Klik organize clip (di bawah)
5. Akan
muncul tampilan microsoft klip organizer, lalu cari gambar yang dikehendaki
berdasarkan kategori
N.
Cara Membuat Grafik
• Klik
insert- klik grafik
• Apabila
sudah ada chart klik ok
• Maka
akan muncul data angka yang dapat di edit
• Pada
power point 2007 terapat smart art digunakan untuk tampilan bagan yang
memudahkan visualisasi sehingga materi lebih ringkas dan menarik.
O.
Cara
Memasukkan Video dan Suara
• Terdapat
dua cara yaitu:
• Diambil
dari file yang dimiliki
• Mengambil
dari clip art setelah masuk ke bidang kerja silahkan atur letaknya, posisi dan
ukurannya lalu pada saat menjalankan atau menampilkannya dengan menekan shift
F5
P.
Cara
Menjalankan Slide (Show)
• Tekan
slide show
• Catatan:
apabila slide dalam posisi show/ full screen, maka untuk meneruskan pada slide
berikutnya tekan enter, spece bar atau panah atau juga menekan huruf N untuk
next atau ke slide berikutnya dan untuk mundur ke slide berikutnya tekan huruf P
untuk preview
Q.
Cara
Mengatur Animasi
• Klik
pada objek yang akan dianimasikan
• Lalu
pilih animation
• Klik
costum animation
• Akan
tampil jendela pengaturan animasi di sebelah kanan
• Aturlah animasi dengan add effect
R.
Keterangan
Add Effect
• Entrance:
digunakan untuk awal animasi atau objek muncul diawali dengan gerakan atau
animasi tertentu
• Emphasis:
untuk memberikan penekanan pada sebuah objek yang sudah diterangkan
• Exit:
digunakan untuk pengaturan animasi bagi objek yang akan keluar dari tampilan
• Motion phats:
mengatur animasi untuk gerakan animasi standar seperti vertikal, lurus
horizontal, longitudinal, dsb
S.
Cara Mengatur Hyperlink
• Klik
pada objek yang akan dihubungkan dengan objek atau slide
• Klik
kanan hyperlink
• Aturlah
alamat linknya dengan melalui pengaturan jendela link
• Pilih
dimana letak slide
T.
Tips
Desain Yang Efektif dengan Power Point
1. Tampilkan
unsur gambar, video, animasi dan suara secara proporsional
2. Buatlah
background dan template sendiri
3. Jika
menggunakan latar dengan warna terang maka gunakan teks dengan intensitas gelap
serta sebaliknya.
4. Gunakan
warna untuk memperindah tampilan sekaligus fokus pada penyajian.
5. Gunakan
huruf- huruf yang memiliki karakter jelas dan tegas.
6. Gunakan
kalimat yang singkat padat dan bersifat garis besar.
7. Pesan
akan lebih komunikatif apabila banyak menyajikan gambar, grafik dan bagan
dengan alur yang jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar